Menyusun Resume Anda!

Kemajuan teknologi menyebabkan resume/curriculum vitae Anda lebih banyak dibaca oleh komputer dari pada manusia. Perbahan ini memberi beberapa keuntungan, baik bagi pencari kerja maupun perusahaan. Melalui internet, para pencari kerja dapar dengan mudah mengirimkan aplikasi lamarannya ke berbagai perusahaan yang berada di mana saja. Dan bagi perusahaan, mereka dapat mencari dan menghubungi kandidatnya hanya dengan menggunakan jari-jari tangan mereka. Untuk itu berikut ini Tips menyusun resume/CV yang efektif:

1. Pilihkan sebuah format yang sesuai dan tetap menggunakan format tersebut sampai selesai. Adan tidak perlu susah-susah ‘mempercantik’ tampilan resume Anda karena Anda bisa memanfaatkan templetes format untuk resume pada Microsoft Office, sehingga lebih berkesan elegant dan profesional.

2. Pada bagian pengalaman kerja dan keberhasilan yang pernah Anda raih, ketik dengan jelas, nama perusahaan, posisi dan kapan Anda bekerja. Mulailah dengan pengalaman kerja yang paling terakhir

3. Pada bagian pendidikan, pastikan Anda memasukkan nama sekolah, gelar atau sertifikat yang Anda terima, serta tahun berapa Anda lulus. Cantumkan pula keanggotaan Anda pada lembaga-lembaga profesional bila ada.

4. Jangan lebih dari 2 halaman!

5. Gunakan jenis huruf (font) dan ukuran yang biasa saja (Arial -10, Times New Roman-12, Trebuchet MS-11), jangan penuh dekorasi. Usahakan kalimatnya tidak terlalu rapat atau padat, sehingga mudah dibaca

6. Menggunakan garis bawah (underline), huruf tebal (bold), huruf besar (capital) dan memisahan kategori tertentu akan memudahkan bagian reqruitment membaca resume Anda

7. Periksa kembali ejaan serta susunan kalimatnya. Kesalahan dalam penulisan atau penyusunan kalimat akan menimbulkan kesan negatif bagi perusahaan